Saturday, April 2, 2016

Cara Menjaga Kesehatan Hati

Hati atau disebut juga dengan liver merupakan salah satu jenis organ pada tubuh yang mempunyai peran penting pada sistem pencernaan tubuh. Hati atau liver ini memiliki banyak fungsi untuk tubuh seperti sebagai penyaring segaka henis makanan ataupun minuman yang diserap oleh tubuh, membantu dalam membersihkan darah, menyimpan glukosa yang pada nantinya bisa membantu dalam memberikan dorongan energi, dan banyak lagi.

Mengingat fungsinya yang penting dan sangat banyak, ada baiknya untuk seseorang menjaga kesehatan hati. Untuk menjaga kesehatan hati dapat dilakukan dengan berbagai cara yakni dengan memulai hidup sehat. Pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana saja cara menjaga kesehatan hati. Nah langsung saja untuk mengetahui bagaimana saja caranya, langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara dalam Menjaga Kesehatan Hati

Menghindari Minuman yang Mengandung Alkohol

Cara dalam menjaga kesehatan hati yang pertama adalah dengan menghindari minuman yang mengandung alkohol. Minuman mengandung alkohol memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Minuman ini dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh. Ini dikarenakan sifat alkohol bisa merusak sel pada hati dan dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh seperti ginjal maupun organ hati. Ini disebabkan karena di dalam alkohol mengandung berbagai macam zat berbahaya bagi tubuh.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan sehat serta menjalankan pola hidup sehat ternyata bisa membantu juga dalam menjaga kesehatan hati. Untuk mengonsumsi makanan bergizi, maka Anda bisa memilih sumber makanan yang berasal dari sayur-sayuran, buah-buahan ataupun daging asalkan seimbang. Sayuran hijau dapat Anda konsumsi, karena di dalamnya mengandung asam folat yang sangat berguna dalam membantu meningkatkan kesehatan tubuh salah satunya adalah organ hati. Di samping itu asam folat juga memiliki fungsi untuk membantu dalam mempersingkat pemulihan waktu bagi mereka para penderita hepatitis. Nah untuk itu sangat disarankan dalam mengonsumsi sumber makanan bergizi.

Olahraga Secara Teratur

Cara dalam menjaga kesehatan hati berikutnya adalah dengan cara melakukan olahraga secara teratur. Untuk olahraga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, olahraga secara teratur bisa membantu dalam menjaga kesehatan hati atau liver. Ini dikarenakan dengan melakukan olahraga akan membantu dalam membakar kalori yang juga bisa membantu dalam memiliki masalah pada berat badan pada tubuh. Untuk jenis olahraga yang bisa Anda lakukan juga bervariasi seperti jalan kaki, renang lari, bersepeda, dan jenis olahraga lainnya.

Lebih Selektif dalam Memilih Jenis Obat-Obatan

Cara yang berikutnya adalah dengan lebih selektif dalam memilih jenis obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan memang memiliki tujuan dalam membantu mengobati penyakit pada tubuh. Namun Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis obat yang justru bisa membahayakan kesehatan tubuh termasuk organ pada tubuh Anda seperti hati. Nah untuk itu ketika Anda akan mengonsumsinya jenis obat yang kiranya Anda belum mengetahuinya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya.

Mengatur Pola Makan

Selain mengonsumsi makan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan hati, Anda juga bisa melakukannya dengan cara mengatur pola makan. Untuk pola makan memang juga bisa mempengaruhi kesehatan hati. Hindari mengonsumsi makanan berlebihan yang diolah dengan cara digoreng. Makanan yang diolah dengan cara digoreng mengandung banyak lemak yang bisa menyebabkan kelebihan kerja pada organ hati. Untuk itu ada baiknya bagi Anda mengonsumsi makanan dengan memperhatikan pola makan.
Baca

No comments:

Post a Comment